SejarahTentang Si Gigi Biru "Bluetooth"


Bluetooth atau Si Gigi Biru yang kita kenal sebagai media penghubung tanpa kabel ini ternyata mepunyai kisah atau history sukses yang mengagumkan. Selain itu Si Gigi Biru ini terkenal di belantara semua ponsel. Sejatinya nama BLUETOOTH berasal dari nama Raja Denmark yaitu harald Bletooth. Kemampuan Sang raja dalam menyatukan suku-suku yang berperang menginspirasi namanya menjadi suatu perangkat yang mampu menghubungkan berbagai perangkat seperti komputer,laptopdan perangkat ponsel.

Sebenarnya keunggulan apa yang dimiliki Bluetooth hingga dapat terkenal dan digunakan banya orang??? Dibanding temen lamuanya Infrared (inframera), Bluethoot lebih fleksibel digunakan. Sebagai teknologi komunikasi tanpa kabel (wireless), Bluetooth beroperasi dalam pita frekuensi 2.4Ghz. Secara garis besar Bluetooth suatu teknologi tanpa kabel yang dapat mengkoneksikan dua perangkat atau lebih dalam jangkakauan jarak dari 1,10 hingga 100 meter.

Dahulu sebelum ada Si Gigi Biru sempat muncul dan terkenal sebut saja dia Infrared, seperti yang kita singgung di atas. IR (InfraRed) tak dapat duduk lama di puncak kejayaan. Pengguna lebih memilih Si Gigi Biru untuk teknologi bertukar data. Meskipun tak disadari si Gigi Biru ini sengat membawa peranan penting untuk penyaluran data. Dewasa ini bluetooth telah digunakan diberbagai paket elektonik. Faktanya semua vendor handphone, laptop dan tablet PC menyematkan Si Gigi Biru sebagai media penghubung .

Diawali kemunculan Bluethooth versi 1.0 pada bulan juli 1999, versi ini masih memiliki beberapa kelemahan diantaranya pengaturan koneksi yang rumit dan masih diterapkannya perintah manual sehingga keamanan penguna tidak terjamin. teknoligi bluetootht memang berkembang pesat dengan hadirnya versi 1.1 dan 1.2, perbaikan dilakukan dalam mendukung channel yang tidak terenkripsi, juga mengakomodasi kecepatan transmisi hingga 1 Mbit/detik dan tahan terhadap interfensi frekuensi radio.
Versi berikutnya 2.0 diliris pada tahun 2004 perbedaan utama adalah fitur Enhenced Data Rate (EDR) untuk transfre data lebih cepat kemudian pada versi bluethooth 2.1 (banyak disematkan di handphone) pada versi ini jg memperkenalkan SPP (Secure simple Pairing) yang meningkatkan sisi keamanan penggunanya.

Pada tahun 2009 diperkenalkan bluetooth versi 3.0 + HS (High Speed) bluetooth ini bisa di bilang cepat karena memiliki tingkat perpindahan data hingga 25Mbit/detik. Fitur utama adalah AMP, yaitu tambahan jaringan Wi Fi sebagai data berkecepatan tinggi .Daya hantar atau perpindahan Si Gigi biru ini seperti hantu. Mengapa begitu??? Karena daya jangkauaanyadapat menembus dinding kotak, dan berbagai rintanggan lain. Satu catatan untuk kekurangna Bluethooth. Bluethooth akan kesulitan melakukan transfer apabila ditemukan banyak koneksi bluethooth dalam suatu ruangan. Selain itu banyak Virus beredar melalui teknologi ini.

0 Response to "SejarahTentang Si Gigi Biru "Bluetooth""

Posting Komentar

powered by Blogger | WordPress by Newwpthemes | Converted by BloggerTheme